HARDIKNASKU

Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS)

Siapa sih yang tidak tau HARDIKNAS, semua orang di Indonesia juga pasti tau apa itu HARDIKNAS yaitu Hari Pendidikan Nasional.

Tanggal 2 Mei tepatnya adalah hari Pendidikan Nasional. Hari dimana lahirnya pendidikan di Indonensia. Tanggal 2 Mei dijadikan sebagai hari Pendidikan Nasonal bertepatan dengan hari lahirnya salah satu tokoh pendidkan kita yaitu Ki Hajar Dewantar dengan nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, yang telah sangat berjasa dalam memperjuangkan dunia pendidikan di Indonesa dimasa kolonial Belanda.

__________________________________________________________
Mengulas sedikit tentang perjuangan untuk memajukan pendidkan di bumi Indonesia, beliau sempat mendirikan salah satu taman siswa pada 3 Juli 1922 untuk sekolah kerakyatan di Yogyakarta. Kemudian beliau juga sempat menulis berbagai artikel yang intinya memprotes berbagai kebijakan para penjajah (belanda) yang kadang membunuh serta menghambat tumbuh dan berkembangnya pendidikan di Indonesia. Hingga salah satu artikel "Seandainya Aku Seorang Belanda" (judul asli : Als ik eens Nederlander was) yang pernah dimuat dalam surat kabar de Expres milik Douwes Dekker tahun 1913 adalah salah satu artikel yang mengubah paradigma banyak orang terlebih khusus para penjajah bahwa orang Indonesia khususnya penduduk pribumi membutuhkan pendidikan yang layaknya sama dengan para penguasa dan kalangan berduit.


Bertolak dari usaha, kerja keras serta pengorbanan dirinya melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959 dinobatkan sebagai salah satu Pahlawan Pergerakan Nasional. Bahkan yang lebih menggembirakan dirinya di anggap sebagai bapak Pendidikan untuk seluruh orang Indonesia, penghormatan itu terbukti dengan ditetapkan 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Untuk mewujudkan dan membangun dunia pendidikan di Indonesia yang sedang diusahaknnya dalam penjajahan para penjajah belanda beliau memakai semboyan “Tut Wuri Handayani” semboyan ini berasal dari ungkapan aslinya "Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa”. Semboyan ini masih dipakai dalam dunia pendidikan kita hingga era reformasi ini. Bahkan dengan semboyan itu telah sedikit mengubah warna pendidikan kita di Indonesia saat ini.(sumber: sejarah nasional)
____________________________________________________________


HARDIKNASKU
Berbicara tentang HARDIKNAS, alhamdulillah saya dilahirkan bertepatan dengan peringatan hari pendidikan nasional. jadi setiap tanggal 2 Mei saya selalu merayakan hari lahir dan memperingati hari pendidikan nasional, terkadang saya merasa sedih setiap kali ingat akan hari pendidikan, meskipun saya lahir bertepatan pada hari pendidikan nasional, tetapi saya tidak bisa mengikuti jejak seperti Ki Hajar Dewantara, saya tidak bisa menempuh pendidikan sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

Saya dilahirkan disebuah desa kecil di Kota Purbalingga - Jawa Tengah, daerah terpencil terletak di dataran pegunungan sebelah timur gunung selamet. Saya dilahirkan dari keluarga yang kurang mampu, jadi untuk menempuh pendidikan pun saya cuma bisa sampai ke sekolah menengah pertama (SMP). Itu juga saya sudah sangat beruntung dan bersyukur sekali bisa sekolah sampai SMP, karena masih banyak teman-temanku yang tidak bisa meneruskan sekolah hanya bisa sampai lulus SD saja.

Ingin sekali rasanya saya bisa mencari ilmu sampai ke sekolah menengah atas, apalagi sampai ke perguruan tinggi, tapi apalah daya melihat orang tuaku yang tidak mampu bagaimana saya bisa meneruskan sekolah, darimana mereka bisa membiayai saya sekolah, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja mereka kekurangan. Akhirnya setelah tamat SMP saya memutuskan untuk mencoba bekerja, mencari uang untuk membantu orang tua. Segala pekerjaan saya jalani, dari menjadi kenek truk, jadi BM (bongkar muat), buruh pabrik, jadi tukang ojek, pokoknya segala pekerjaan sudah saya coba jalani, yang penting saya bisa mendapatkan uang dengan hasil keringatku sendiri dengan hasil yang halal agar bisa membantu beban orang tua.

Sampai akhirnya saya mencoba untuk mencari pekerjaan di kota, dan saya pun pergi merantau ke Kota Kembang (Bandung). Setelah lima bulan saya mencari kerja di Bandung, akhirnya saya bisa bekerja disebuah perusahaan, dan alhamdulillah sampai saat ini saya masih bekerja disini.
Sampai sekarangpun saya masih belum bisa meneruskan sekolah sampai SMA, karena sudah keburu umur saya semakin tua, meskipun kata orang "menuntut ilmu tidak ada batasnya", disamping itu juga saya harus memikirkan masa depan saya dan adik saya. Saya harus bisa membantu ortu saya menyekolahkan adik saya, dan saya berharap bisa menyekolahkan adik saya sampai ke perguruan tinggi. Karena saya tidak mau adik saya menjadi seperti saya, yang tidak bisa meneruskan sekolah.

"Untuk adikku, tetaplah semangat belajar, tuntutlah ilmu setinggi-tingginya sampai kamu menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuamu, menjadi anak yang berguna bagi Nusa dan Bangsa".Amiin...




Selamat HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2011
Semoga pendidikan di Indonesia semakin lebih baik lagi.


Bandung Flowers Delivery
Toko Bunga di Bandung
Sends Beautiful Flowers New and Fresh.
http://www.bungabandung.com

Downloads Mp3 Gratis!
Free Downloads Music Mp3.
Download Gratis Music Mp3 Disini Tempatnya.
http://www.mp3musicdownloads.com

Furniture & Interior Design
Memenuhi kebutuhan desain interior untuk Rumah, Kantor, Apartment Dll.
http://www.gadingkencanafurniture.co.cc

Rental Genset Jakarta
Melayani Penyewaan Genset Untuk Segala Acara (Event)
Untuk Penyewaan Genset, Serahkan Pada Kami Rajanya!
http://genset4rent.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda disini. Sedikit Komentar Anda Sangat Bermanfaat Untuk Kemajuan Blog In

WARNING!
JANGAN MENINGGALKAN PESAN SPAM, KARENA AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS.